Senin, 31 Oktober 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Madrasah                      :
Mata Pelajaran             : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester          : VII / 1
Alokasi Waktu              : 2 x 40 menit

A.   Standar Kompetensi   :  
1.       Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.
 
B.   Kompetensi Dasar      :
1.1.Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.

C.   Tujuan Pembelajaran      :
§  Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
§  Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
§  Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam

Karakter siswa yang diharapkan :
§  Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif : 
§  percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep dengan kata-kata sendiri.

D.   Materi Pembelajaran       :
§  Dasar–dasar akidah Islam
§  Pengertian akidah Islam
§  Tujuan akidah Islam

E.    Metode Pembelajaran :
§  Ceramah : metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerja kelompok : kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagian najis
§  Diskusi : metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran & Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan



F.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan
Nilai yang ditanamkan
A.   Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang akidah Islam
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan

v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang dasar dan tujuan aqidah akhlak (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian,  dasar dan tujuan akidah Islam (Konfirmasi)

v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan

10







50




















5
10
5

v  Pemahaman Konsep










§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama


G.   Sumber Pembelajaran
§  Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat  kursi dan terjemahnya
§  Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII,

H.   Assessment/ Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Cinta ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama

§  Siswa dapat  menye-butkan dasar–dasar akidah Islam
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
§  Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
Tes tulis


Tes tulis

Tes Tulis

Jawab singkat

Uraian

Uraian
Ø   Sebutkan dasar–dasar akidah Islam ?
Ø   Jelaskan  pengertian akidah Islam ?
Ø   Jelaskan  tujuan akidah Islam ?






Mengetahui,
Kepala ...............................



..............................................
NIP : ...................................


.........................., 11 Juli  2011
Guru Mapel





........................................
NIP. ............................