RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Madrasah :
Mata
Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas
/ Semester : VII / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Memahami
dasar dan tujuan akidah Islam.
B.
Kompetensi Dasar
:
1.1.Menjelaskan
dasar dan tujuan akidah Islam.
C.
Tujuan Pembelajaran :
§ Dapat
menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
§ Dapat
menjelaskan pengertian akidah Islam
§ Dapat
menjelaskan tujuan akidah Islam
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Cinta ilmu, gemar membaca,
kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§ percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil, Mampu mencari sumber belajar sendiri., Mendiskripsikan konsep
dengan kata-kata sendiri.
D.
Materi Pembelajaran :
§ Dasar–dasar
akidah Islam
§ Pengertian
akidah Islam
§ Tujuan
akidah Islam
E.
Metode Pembelajaran :
§ Ceramah
: metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk
kegiatan awal.
§ Kerja
kelompok : kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang
pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagian najis
§ Diskusi
: metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi
kegiatan pembelajaran
§ Pameran
& Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
A.
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang akidah Islam
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang pengertian, dasar,
dan tujuan akidah Islam (eksplorasi)
§ Siswa membaca berbagai sumber
tentang dasar dan tujuan aqidah akhlak (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca
tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam (Elaborasi)
§ Siswa bertanya jawab dengan guru
tentang hal-hal yang masih belum jelas
(elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan pengertian, dasar dan tujuan akidah Islam (Konfirmasi)
v Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
v Pemahaman Konsep
|
§
Cinta
ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
G.
Sumber Pembelajaran
§ Al-Qur’an
surat Al-Baqarah ayat kursi dan
terjemahnya
§ Buku
paket Aqidah Akhlaq kls VII,
H.
Assessment/ Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Cinta
ilmu, gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
|
§ Siswa dapat menye-butkan
dasar–dasar akidah Islam
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
§ Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes Tulis
|
Jawab singkat
Uraian
Uraian
|
Ø Sebutkan dasar–dasar akidah Islam ?
Ø Jelaskan pengertian akidah Islam
?
Ø Jelaskan tujuan akidah Islam ?
|
Mengetahui,
Kepala ...............................
..............................................
NIP : ...................................
|
.........................., 11 Juli 2011
Guru Mapel
........................................
NIP. ............................
|