DEPARTEMEN AGAMA
MADRASAH ALIYAH
SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
|
|
I. Jawablah pertanyaan
berikut dengan memilih salah satu jawaban yang paling tepat dengan menyilang
(X) pada huruf a, b, c, d, atau e pada lembar jawab yang tersedia!
1.
Struktur pemerintahan yang
pelaksanaannya diatur berdasarkan syari’at Islam.
Pernyataan di atas adalah pengertian dari …
a.
Khilafah
b.
Khalifah
c.
Majlis syuro
d.
Ahl alhalli wa al-aqdi
e.
Baiat
2.
Berikut ini yang bukan termasuk
tujuan khilafah secara khusus adalah ….
a.
Melanjutkan kepemimpinan agama Islam
setelah wafatnya Nabi
b.
Berusaha menciptakan keamanan dan
pertahanan agama dan negara
c.
Berbagi aspirasi dapat dipadukan
kepentingan-kepentingan yang beraneka ragam dapat diakomodasi
d.
Mewujudkan dasar-dasar khilafah yang
adil dalam seluruh aspek kehidupan umat Islam
e.
Berupaya sejahtera lahir dan batin
bahagia dunia dan akhirat
3.
Perhatikan QS al-Hujurat : 13 di bawah ini !
¨bÎ) ö/ä3tBtò2r& yYÏã «!$# öNä39s)ø?r& 4
¨bÎ) ©!$# îLìÎ=tã ×Î7yz
Ayat di atas dijadikan sebagai
prinsip/dasar khilafah pada bidang ….
a.
tauhid
b.
persatuan
c.
musyawarah
d.
persamaan derajat
e.
kesejahteraan
4.
Kepala negara setelah Rasulullah
saw wafat atau pengganti Rasul saw sebagai kepala negara dan pemimpin agama
disebut ….
a.
Khalifah
b.
Khilafah
c.
Presiden
d.
Sultan
e.
Majlis syuro
5.
Untuk menjadi khalifah seseorang
harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut, kecuali ….
a.
Berpengalaman yang luas
b.
Mampu melakukan pengawasan
c.
Bersikap adil
d.
Tidak cacat
e.
Memiliki harta yang cukup.
6.
Mengemukakan pendapat dan kebebasan
beragama merupakan salah satu dari ….
a.
hak rakyat
b.
kewajiban rakyat
c.
hak majlis syuro
d.
kewajiban khalifah
e.
kewajiban majlis syuro
7.
Pengertian Majlis Syuro menurut
bahasa adalah ….
a.
musyawarah
b.
permusyawaratan
c.
keputusan bersama
d.
tempat musyawarah
e.
kumpulan orang
8.
Di bawah ini yang bukan termasuk hak
dan kewajiban Majlis Syuro adalah ….
a.
Membuat Undang-undang
b.
Membuat garis-garis program negara
c.
Menciptakan persatuan dan kesatuan
d.
Memilih, mengangkat, dan
memberhentikan khalifah
e.
Menetapkan anggaran belanja negara
9.
Firman Allah yang diturunkan kepada
Nabi Muhammad saw dalam bahasa arab, yang diriwayatkan secara mutawatir dan
membacanya termasuk ibadah, merupakan pengertian dari …
a.
As-Sunnah
b.
Al-Qur’an
c.
Al-Ijma’
d.
Al-Qiyas
e.
Al-Hadits
10.
Sumber hukum Islam yang pertama dan
paling utama adalah ….
a.
As-Sunnah
b.
Al-Ijma’
c.
Al-Qiyas
d.
Al-Qur’an
e.
Al-Istihsan
11.
وهذا كتاب انزلناه
مبارك فاتبعوه واتقوا لعلكم ترحمون
Potongan ayat di atas merupakan dasar kehujjahan … sebagai sumber hukum
Islam.
a.
As-Sunnah
b.
Al-Ijma’
c.
Al-Qur’an
d.
Al-Qiyas
e.
Al-‘Urf
12.
Sesuatu yang berasal dari Rasulullah
saw baik berupa perkataan, perbuatan, maupun penetapan pengakuan.
a.
Al-Qur’an
b.
Al-Qiyas
c.
As-Sunnah
d.
Al-Ijma’
e.
Al-‘Urf
13.
Perhatikan QS An-Nisa : 80 berikut
ini.
`¨B
ÆìÏÜã
tAqߧ9$#
ôs)sù
tí$sÛr& ©!$# (
`tBur 4¯<uqs? !$yJsù y7»oYù=yör&
öNÎgøn=tæ
$ZàÏÿym
.
Maksud ayat di atas adalah …
a.
As-Sunnah dapat berdiri sendiri dalam
menetapkan hukum dan kekuatannya sama dengan al-Qur’an
b.
Al-Qur’an lebih tinggi kedudukannya
dalam menetapkan hukum dari pada As-Sunnah, bahkan As-Sunnah dapat
ditinggalkan.
c.
Al-Qur’an lebih rendah dalam
menetapkan hukum dibanding As-Sunnah
d.
Al-Qur’an adalah penjelasan dari
As-Sunnah
e.
Semua jawaban benar.
14.
Perhatikan QS
Hasyr : 7 berikut ini !
!$tBur
ãNä39s?#uä
ãAqߧ9$#
çnräãsù $tBur
öNä39pktX çm÷Ytã (#qßgtFR$$sù 4
(#qà)¨?$#ur ©!$# (
¨bÎ)
©!$#
ßÏx© É>$s)Ïèø9$#
.
Ayat di atas menjadi dasar kehujjahan … sebagai sumber hukum Islam.
a.
Al-Ijma’
b.
Al-Qiyas
c.
Al-Qur’an
d.
As-Sunnah
e.
Al-‘Urf
15.
Ijma’ yang menampilkan pendapat ulama
secara jelas disebut ijma’ ….
a.
sukuti
b.
sharih/qauli
c.
zanni
d.
isyarat
e.
qath’i
16.
Kedudukan ijma’ dalam hukum Islam
dapat dijadikan sebagai hujjah qath’i dan
menjadi sumber hukum Islam yang ke ….
a.
pertama
b.
kedua
c.
ketiga
d.
empat
e.
lima
17.
Di bawah ini yang bukan termasuk
sebab-sebab dilakukan ijma’ adalah ….
a.
Karena Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak
akan pernah turun lagi
b.
Adanya beberapa persoalan yang harus
dilakukan status hukumnya sebab tidak diketemukan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits
c.
Perpecahan dan perselisihan para
mujtahid sangat kecil, sehingga masih mudah mencapai kesepakatan
d.
Pada masa itu lebih mudah
mengkondisikan mujtahid, karena jumlahnya tidak banya dan wilayahnya sempit
e.
Sangat sulitnya pertemuan para
mujtahid karena cakupan wilayah yang sangat luas dan banyaknya kepentingan.
18.
Menyamakan suatu peristiwa yang belum
ada ketentuan hukumnya dengas suatu peristiwa yang ada status hukumnya dalam
nash karena ada kesamaan illat keduanya. Pernyataan tersebut adalah pengertian
….
a.
Ijma’
b.
Al-Qiyas
c.
Ittiba’
d.
Taklid
e.
Istihsan
19.
Menurut jumhur ulama ‘ushul fiqh,
qiyas merupakan hujjah syar’iyyah yang ke ….
a.
1
b.
2
c.
3
d.
4
e.
5
20.
Salah satu sebab dilakukan qiyas adalah ….
a.
Adanya kesamaan illat antara masalah
yang belum ada hukumnya dengan masalah yang hukumnya tidak ditentukan oleh nash
b.
Cukup pengambilan hukum hanya pada
Al-Qur’an saja
c.
Aneka ragamnya persoalan, namun semua
sudah ada dalam Al-Qur’an
d.
Pandainya seseorang dalam mengambil
kaidah hukum yang berkenaan dengan syar’i
e.
Semua benar.
21.
Meninggalkan qiyas jally (jelas)
untuk berpindah kepada qiyas khafi(samar) atau dari hukum kully(umum) kepada
hukum juz’I atau istisnai(pengecualian) karena ada dalil yang membenarkan
perpindahan itu. Pernyataan tersebut merupakan pengertian ….
a.
Ijma’
b.
Qiyas
c.
Ittiba’
d.
Taqlid
e.
Istihsan
22.
اَلأصل بقاء ما كان
على ما كان
Kaidah ushul fiqih di atas merupakan salah satu dasar kehujjahan dari ….
a.
Ijma’
b.
Qiyas
c.
Istihsan
d.
Istishab
e.
Mashalihul mursalah
23.
Penetapan sebuah hukum berdasarkan
pada kemaslahatan yaitu manfaat bagi kehidupan manusia dan menolak kemudlaratan
darinya yang tidak ada ketentuannya dalam nash baik membolehkan atau
melarangnya, adalah pengertian dari ….
a.
Ijma’
b.
Qiyas
c.
Istihsan
d.
Istishab
e.
Mashalihul mursalah
24.
العادة المحكمة . Kaidah tersebut menjadi
dasar kehujjahan sumber hukum Islam yaitu …
a.
Istishab
b.
‘Urf
c.
Istihsan
d.
Mashalihul mursalah
e.
Syar’u man qablana
25.
Syari’at yang diturunkan Allah kepada
umat sebelum kita yaitu ajaran agama sebelum datang ajaran Islam. Pernyataan
tersebut di atas adalah pengertian ….
a.
Ijma’
b.
Qiyas
c.
Syar’u man qablana
d.
Mashalihul mursalah
e.
Istihsan
26.
التوسل بما هو
مصلحة الى منسدة
Kaidah di atas adalah pengertian syaddudz dzari’ah menurut ….
a.
Imam Al-Syathibi
b.
Imam Asy-Syaukani
c.
Imam Abu Hanifah
d.
Imam Asy-Syafi’i
e.
Imam Malik
27.
Pendapat para sahabat tentang suatu
kasus yang dinukil pada ulama, baik berupa fatwa maupun ketetapan hukum setelah
Rasulullah saw wafat.
Pernyataan di atas adalah pengertian …
a.
Istishab
b.
‘Urf
c.
Syar’u man qablana
d.
Madzhab shahabi
e.
Dalalatul Iqtiran
28.
Perhatikan QS An-Nisa : 59 berikut ini .
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$#
(#þqãYtB#uä (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqߧ9$# Í<'ré&ur
ÍöDF{$#
óOä3ZÏB ( bÎ*sù ÷Läêôãt»uZs?
Îû &äóÓx« çnrãsù
n<Î) «!$# ÉAqߧ9$#ur bÎ)
÷LäêYä. tbqãZÏB÷sè?
«!$$Î/
ÏQöquø9$#ur
ÌÅzFy$#
4 y7Ï9ºs
×öyz
ß`|¡ômr&ur
¸xÍrù's? ÇÎÒÈ
Ayat
di atas menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita harus berpedoman
kepada ….
a.
al-Qur’an
b.
orang tua
c.
adat istiadat
d.
keluarga
e.
guru
29.
Hadits berikut yang memerintahkan agar umat Islam
berpedoman pada As-Sunnah dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a.
من كذب على متعمدا
فليتبوأ مقعده من النار
b.
صلواكما رايتمونى اصلى
c.
إن الصلوة كانت على المؤمنين كتابا موقوتا
d.
اولم يتفكروافى انفسهم
e.
تركت فيكم امرين لن تضلوا ابدا ماان
تمسكتم بهما كتاب الله وسنة رسوله
30.
Berikut ini adalah salah satu contoh produk hukum Ijma
….
a.
Upaya pembukuan al_Qur’an yang dilakukan pada masa
khalifah Abu Bakar ash-shiddiq
b.
Upaya penulisan al-Qur’an pada masa Rasulullah saw
c.
Upaya penulisan al-Hadits
d.
Upaya hafalan al-Qur’an
e.
Upaya pembukuan al-Hadits pada masa Rasul
31.
Minuman wisky dan bir dihukumi haram karena mengandung
zat yang dapat memabukkan dan dapat merusak akal, seperti zat yang ada pada
khamr.
Pernyataan di atas adalah salah satu contoh penerapan ….
a.
Ijma’
b.
Qiyas
c.
Istishab
d.
Istihsan
e.
Syar’u man qablana
32.
Menurut Imam Abu Hanifah bahwa Orang yang haid berbeda
dengan orang junub, oleh karena itu wanita yang haid diperbolehkan membaca
al-Qur’an agar memperoleh pahala seperti orang laki-laki. Produk hukum ini
menggunakan pendekatan ….
a.
Taklid
b.
Ittiba
c.
Istihsan
d.
Istishab
e.
Mashalihul mursalah
33.
Berikut ini yang bukan termasuk contoh produk hukum
Mashalihul mursalah adalah ….
a.
membuat penjara
b.
mencetak uang
c.
menarik pajak
d.
surat nikah
e.
surat gadai
34.
Tradisi jual beli yang dilakukan di masyarakat dengan
tanpa menggunakan sighat ijab qabul sebagaimana yang terjadi di pasar swalayan,
mall, toserba dianggap sah. Hal ini berdasarkan ….
a.
Istihsan
b.
‘Urf amaly
c.
‘Urf qauly
d.
‘Urf fasid
e.
Syar’u man qablana
35.
Seseorang yang merasa ragu-ragu
apakah ia sudah berwudlu atau belum, kemudian ia menetapkan untuk berpegang
pada hukum asal yaitu”belum wudlu”. Produk hukum ini merupakan contoh penerapan ….
a.
Istishab
b.
Istihsan
c.
Mashalihul mursalah
d.
‘Urf
e.
Syar’u man qablana
36.
Diantara syari’at Nabi Musa as adalah
bahwa seseorang yang telah berbuat dosa kalau akan bertobat maka harus membunuh
dirinya. Syari’at tersebut tidak berlaku untuk umat Nabi Muhammad saw.
Pendekatan hukum yang dipakai adalah ….
a.
Istishab
b.
Istihsan
c.
Mashalihul mursalah
d.
Syaddudz dzari’ah
e.
Syar’u man qablana
37.
Melakukan permainan yang berbau judi
walau tidak menggunakan uang tetap dilarang, karena kalau sudah bisa bermain dikhawatirkan
terjerumus kepada perjudian yang sebenarnya. Ini merupakan contoh produk hukum
…
a.
Syaddudz dzari’ah
b.
Istihsan
c.
Mashalihul mursalah
d.
Istishab
e.
Syar’u man qablana
38.
Pencurahan segala kemampuan untuk
mendapatkan hukum syara’ melalui dalil-dalil syara’ adalah pengertian ….
a.
Ijtihad
b.
Istihsan
c.
Istishab
d.
Ittiba
e.
Taqlid
39.
Fungsi ijtihad menurut jumhur ulama adalah …
a.
Sebagai sumber hukum utama
b.
Untuk mengungkap hukum yang tidak
dapat diungkap secara jelas dalam nash
c.
Untuk panduan umat Islam
d.
Sumber hukum pelengkap saja
e.
Sebagai sumber hukum kedua
40.
Seseorang yang memiliki syarat-syarat
ijtihad dan memberikan fatwa dalam segala hukum dengan tidak terikat oleh suatu
madzhab. Pernyataan tersebut adalah merupakan tingkatan mujtahid ….
a.
muntasih
b.
mutlak
c.
qauli
d.
sukuti
e.
sahabi
II.
Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini dengan jelas dan benar !
41.
Secara global ada 2 cara yang dapat
ditempuh dalam pengangkatan khalifah, jelaskan !
42.
Sebutkan dua syarat menjadi anggota
Ahlul Halli wal ‘Aqdi !
43.
Tuliskan ayat al-Qur’an surat
An-Nisa, lengkap dengan syakalnya !
44.
Sebutkan tiga pedoman al-Qur’an dalam
menetapkan hukum !
45.
Sebutkan empat syarat menjadi seorang
Mujtahid !
KUNCI
JAWABAN FIQIH
ULANGAN
UMUM SEMESTER GASAL
MADRASAH
ALIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2008/2009
KELAS XII/IPA-IPS
I. Pilihan Ganda
No
|
Jawaban
|
1
|
B
|
2
|
C
|
3
|
D
|
4
|
A
|
5
|
E
|
6
|
A
|
7
|
D
|
8
|
C
|
9
|
B
|
10
|
D
|
11
|
C
|
12
|
C
|
13
|
A
|
14
|
D
|
15
16
|
B
C
|
17
|
E
|
18
|
B
|
19
|
D
|
20
|
A
|
21
|
E
|
22
|
D
|
23
|
E
|
24
|
B
|
25
|
C
|
26
|
A
|
27
|
D
|
28
|
A
|
29
|
E
|
30
|
A
|
31
|
B
|
32
|
C
|
33
|
E
|
34
|
B
|
35
|
A
|
36
|
E
|
37
|
A
|
38
|
A
|
39
|
B
|
40
|
B
|
II.
Essay
41.
Dua cara pengangkatan khalifah :
a. Langsung :
yaitu setiap umat Islam yang sudah berhak memilih dapat mengajukan
pilihannya pada orang yang dikehendaki untuk menjadi khalifah melalui pemilihan
umum.
b. Tidak
langsung : yaitu pemilihan oleh ahlul
halli wal ‘aqdi atau wakil rakyat yang
berhak memutuskan segala sesuatu yang berkaitan dengan umat Islam.
42. Syarat menjadi
anggota Ahlul Hallli wal ‘Aqdi :
1. Mereka harus terdiri dari ilmuwan
2. Dipilih oleh rakyat atau memperoleh kepercayaan
dari rakyat.
3. ( diserahkan ke guru )
43. Bunyi surat
An-Nisa ayat 105 adalah :
!$¯RÎ) !$uZø9tRr& y7øs9Î) |=»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/ zNä3óstGÏ9 tû÷üt/ Ĩ$¨Z9$# !$oÿÏ3 y71ur& ª!$# 4 wur `ä3s? tûüÏZͬ!$yù=Ïj9 $VJÅÁyz ÇÊÉÎÈ
Artinya
:
“Sesungguhnya
kami Telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu
mengadili antara manusia dengan apa yang Telah Allah wahyukan kepadamu, dan
janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), Karena (membela)
orang-orang yang khianat”.
44. Tiga pedoman al-Qur’an dalam menetapkan hukum ,
yaitu :
1. tidak memberatkan atau menykitkan
2.
menyedikitkan beban
3.
berangsur-angsur dalam menetapkan hukum
45.
Syarat-syarat
seorang Mujtahid yaitu :
a.
Mengetahui
al-Qur’an dan al-hadits
b.
Mengetahui
masalah-masalah Ijma’ dan masalah-masalah yang ditetapkan ijma’
c.
Mengetahui
bahasa arab
d.
Mengetahui ilmu ushul fiqh
e.
Mengetahui
nasikh dan mansukh
f.
Mengetahui
kemaslahatan berdasarkan pertimbangan
akal sehat.
#mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan
#mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan