Selasa, 09 Juni 2015

Soal Fiqih XII


DEPARTEMEN AGAMA
MADRASAH ALIYAH
SOAL ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2008/2009



Mata Pelajaran   : Fiqih                                                                                                       Hari/Tanggal  : ………….
Kelas                     :  XII/IPA-IPS                                                                                            Waktu             : …………..


 





I.   Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih salah satu jawaban yang paling tepat dengan menyilang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e pada lembar jawab yang tersedia!
1.     Struktur pemerintahan yang pelaksanaannya diatur berdasarkan syari’at Islam.
Pernyataan di atas adalah pengertian dari …
a.     Khilafah
b.     Khalifah
c.     Majlis syuro
d.     Ahl alhalli wa al-aqdi
e.     Baiat
2.     Berikut ini yang bukan termasuk tujuan khilafah secara khusus adalah ….
a.        Melanjutkan kepemimpinan agama Islam setelah wafatnya Nabi
b.       Berusaha menciptakan keamanan dan pertahanan agama dan negara
c.        Berbagi aspirasi dapat dipadukan kepentingan-kepentingan yang beraneka ragam dapat diakomodasi
d.       Mewujudkan dasar-dasar khilafah yang adil dalam seluruh aspek kehidupan umat Islam
e.       Berupaya sejahtera lahir dan batin bahagia dunia dan akhirat
3.       Perhatikan QS al-Hujurat : 13  di bawah ini !
 ¨bÎ) ö/ä3tBtò2r& yYÏã «!$# öNä39s)ø?r& 4 ¨bÎ) ©!$# îLìÎ=tã ׎Î7yz
 Ayat di atas dijadikan sebagai prinsip/dasar khilafah pada bidang ….
a.        tauhid
b.       persatuan
c.        musyawarah
d.       persamaan derajat
e.       kesejahteraan
4.       Kepala negara setelah Rasulullah saw  wafat atau pengganti Rasul saw  sebagai kepala negara dan pemimpin agama disebut ….
a.        Khalifah
b.       Khilafah
c.        Presiden
d.       Sultan
e.       Majlis syuro
5.       Untuk menjadi khalifah seseorang harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut, kecuali ….
a.        Berpengalaman yang luas
b.       Mampu melakukan pengawasan
c.        Bersikap adil
d.       Tidak cacat
e.       Memiliki harta yang cukup.
6.     Mengemukakan pendapat dan kebebasan beragama merupakan salah satu dari ….
a.        hak rakyat
b.       kewajiban rakyat
c.        hak majlis syuro
d.       kewajiban khalifah
e.       kewajiban majlis syuro
7.       Pengertian Majlis Syuro menurut bahasa adalah ….
a.        musyawarah
b.       permusyawaratan
c.        keputusan bersama
d.       tempat musyawarah
e.       kumpulan orang
8.       Di bawah ini yang bukan termasuk hak dan kewajiban Majlis Syuro adalah ….
a.        Membuat Undang-undang
b.       Membuat garis-garis program negara
c.        Menciptakan persatuan dan kesatuan
d.       Memilih, mengangkat, dan memberhentikan khalifah
e.       Menetapkan anggaran belanja negara
9.       Firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw dalam bahasa arab, yang diriwayatkan secara mutawatir dan membacanya termasuk ibadah, merupakan pengertian dari …
a.        As-Sunnah
b.       Al-Qur’an
c.        Al-Ijma’
d.       Al-Qiyas
e.       Al-Hadits
10.    Sumber hukum Islam yang pertama dan paling utama adalah ….
a.        As-Sunnah
b.       Al-Ijma’
c.        Al-Qiyas
d.       Al-Qur’an
e.       Al-Istihsan
11.    وهذا كتاب انزلناه مبارك فاتبعوه واتقوا لعلكم ترحمون
Potongan ayat di atas merupakan dasar kehujjahan … sebagai sumber hukum Islam.
a.        As-Sunnah
b.       Al-Ijma’
c.        Al-Qur’an
d.       Al-Qiyas
e.       Al-‘Urf
12.    Sesuatu yang berasal dari Rasulullah saw baik berupa perkataan, perbuatan, maupun penetapan pengakuan.
a.        Al-Qur’an
b.       Al-Qiyas
c.        As-Sunnah
d.       Al-Ijma’
e.       Al-‘Urf
13.    Perhatikan QS An-Nisa : 80 berikut ini.
`¨B ÆìÏÜムtAqߧ9$# ôs)sù tí$sÛr& ©!$# ( `tBur 4¯<uqs? !$yJsù y7»oYù=yör& öNÎgøŠn=tæ $ZàŠÏÿym .
     Maksud  ayat di atas adalah  
a.        As-Sunnah dapat berdiri sendiri dalam menetapkan hukum dan kekuatannya sama dengan al-Qur’an
b.       Al-Qur’an lebih tinggi kedudukannya dalam menetapkan hukum dari pada As-Sunnah, bahkan As-Sunnah dapat ditinggalkan.
c.        Al-Qur’an lebih rendah dalam menetapkan hukum dibanding As-Sunnah
d.       Al-Qur’an adalah penjelasan dari As-Sunnah
e.       Semua jawaban benar.
14.    Perhatikan QS  Hasyr : 7 berikut ini !
 !$tBur ãNä39s?#uä ãAqߧ9$# çnräãsù $tBur öNä39pktX çm÷Ytã (#qßgtFR$$sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ( ¨bÎ) ©!$# ߃Ïx© É>$s)Ïèø9$#   .
Ayat di atas menjadi dasar kehujjahan    sebagai sumber hukum Islam.
a.        Al-Ijma’
b.       Al-Qiyas
c.        Al-Qur’an
d.       As-Sunnah
e.       Al-‘Urf
15.    Ijma’ yang menampilkan pendapat ulama secara jelas disebut ijma’ ….
a.        sukuti
b.       sharih/qauli
c.        zanni
d.       isyarat
e.       qath’i
16.    Kedudukan ijma’ dalam hukum Islam dapat dijadikan sebagai  hujjah qath’i dan menjadi sumber hukum Islam     yang ke ….
a.        pertama
b.       kedua
c.        ketiga
d.       empat
e.       lima
17.    Di bawah ini yang bukan termasuk sebab-sebab dilakukan ijma’ adalah ….
a.        Karena Al-Qur’an dan As-Sunnah tidak akan pernah turun lagi
b.       Adanya beberapa persoalan yang harus dilakukan status hukumnya sebab tidak diketemukan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits
c.        Perpecahan dan perselisihan para mujtahid sangat kecil, sehingga masih mudah mencapai kesepakatan
d.       Pada masa itu lebih mudah mengkondisikan mujtahid, karena jumlahnya tidak banya dan wilayahnya sempit
e.       Sangat sulitnya pertemuan para mujtahid karena cakupan wilayah yang sangat luas dan banyaknya kepentingan.
18.    Menyamakan suatu peristiwa yang belum ada ketentuan hukumnya dengas suatu peristiwa yang ada status hukumnya dalam nash karena ada kesamaan illat keduanya. Pernyataan tersebut adalah pengertian ….
a.        Ijma’
b.       Al-Qiyas
c.        Ittiba’
d.       Taklid
e.       Istihsan
19.    Menurut jumhur ulama ‘ushul fiqh, qiyas merupakan hujjah syar’iyyah yang ke ….
a.        1
b.       2
c.        3
d.       4
e.       5
20.    Salah satu sebab  dilakukan qiyas adalah ….
a.        Adanya kesamaan illat antara masalah yang belum ada hukumnya dengan masalah yang hukumnya tidak ditentukan oleh nash
b.       Cukup pengambilan hukum hanya pada Al-Qur’an saja
c.        Aneka ragamnya persoalan, namun semua sudah ada dalam Al-Qur’an
d.       Pandainya seseorang dalam mengambil kaidah hukum yang berkenaan dengan syar’i
e.       Semua benar.
21.    Meninggalkan qiyas jally (jelas) untuk berpindah kepada qiyas khafi(samar) atau dari hukum kully(umum) kepada hukum juz’I atau istisnai(pengecualian) karena ada dalil yang membenarkan perpindahan itu. Pernyataan tersebut merupakan pengertian ….
a.        Ijma’
b.       Qiyas
c.        Ittiba’
d.       Taqlid
e.       Istihsan
22.    اَلأصل بقاء ما كان على ما كان                                  
Kaidah ushul fiqih di atas merupakan salah satu dasar kehujjahan dari ….
a.      Ijma’
b.     Qiyas
c.      Istihsan
d.     Istishab
e.     Mashalihul mursalah
23.    Penetapan sebuah hukum berdasarkan pada kemaslahatan yaitu manfaat bagi kehidupan manusia dan menolak kemudlaratan darinya yang tidak ada ketentuannya dalam nash baik membolehkan atau melarangnya, adalah pengertian dari ….
a.        Ijma’
b.       Qiyas
c.        Istihsan
d.       Istishab
e.       Mashalihul mursalah
24.      العادة المحكمة  . Kaidah tersebut menjadi dasar kehujjahan sumber hukum Islam yaitu …
a.        Istishab
b.       ‘Urf
c.        Istihsan
d.       Mashalihul mursalah
e.       Syar’u man qablana
25.    Syari’at yang diturunkan Allah kepada umat sebelum kita yaitu ajaran agama sebelum datang ajaran Islam. Pernyataan tersebut di atas adalah pengertian ….
a.        Ijma’
b.       Qiyas
c.        Syar’u man qablana
d.       Mashalihul mursalah
e.       Istihsan
26.    التوسل بما هو مصلحة الى منسدة
Kaidah di atas adalah pengertian syaddudz dzari’ah menurut ….
a.        Imam Al-Syathibi
b.       Imam Asy-Syaukani
c.        Imam Abu Hanifah
d.       Imam Asy-Syafi’i
e.       Imam Malik
27.    Pendapat para sahabat tentang suatu kasus yang dinukil pada ulama, baik berupa fatwa maupun ketetapan hukum setelah Rasulullah saw wafat.
Pernyataan di atas adalah pengertian …
a.     Istishab
b.     ‘Urf
c.     Syar’u man qablana
d.     Madzhab shahabi
e.     Dalalatul Iqtiran
28.    Perhatikan QS  An-Nisa : 59 berikut ini .
 $pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqߧ9$# Í<'ré&ur ͐öDF{$# óOä3ZÏB ( bÎ*sù ÷Läêôãt»uZs? Îû &äóÓx« çnrŠãsù n<Î) «!$# ÉAqߧ9$#ur bÎ) ÷LäêYä. tbqãZÏB÷sè? «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ̍ÅzFy$# 4 y7Ï9ºsŒ ׎öyz ß`|¡ômr&ur ¸xƒÍrù's? ÇÎÒÈ
Ayat di atas menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita harus berpedoman kepada .
a.        al-Qur’an
b.       orang tua
c.        adat istiadat
d.       keluarga
e.       guru
29.    Hadits berikut yang memerintahkan agar umat Islam berpedoman pada As-Sunnah dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a.       من كذب على متعمدا فليتبوأ مقعده من النار
b.      صلواكما رايتمونى اصلى
c.       إن الصلوة كانت على المؤمنين كتابا موقوتا
d.      اولم يتفكروافى انفسهم
e.      تركت فيكم امرين لن تضلوا ابدا ماان تمسكتم بهما كتاب الله وسنة رسوله
30.    Berikut ini adalah salah satu contoh produk hukum Ijma ….
a.        Upaya pembukuan al_Qur’an yang dilakukan pada masa khalifah Abu Bakar ash-shiddiq
b.       Upaya penulisan al-Qur’an pada masa Rasulullah saw
c.        Upaya penulisan al-Hadits
d.       Upaya hafalan al-Qur’an
e.       Upaya pembukuan al-Hadits pada masa Rasul
31.    Minuman wisky dan bir dihukumi haram karena mengandung zat yang dapat memabukkan dan dapat merusak akal, seperti zat yang ada pada khamr.
Pernyataan di atas adalah salah satu contoh penerapan ….
a.        Ijma’
b.       Qiyas
c.        Istishab
d.       Istihsan
e.       Syar’u man qablana
32.    Menurut Imam Abu Hanifah bahwa Orang yang haid berbeda dengan orang junub, oleh karena itu wanita yang haid diperbolehkan membaca al-Qur’an agar memperoleh pahala seperti orang laki-laki. Produk hukum ini menggunakan pendekatan ….
a.        Taklid
b.       Ittiba
c.        Istihsan
d.       Istishab
e.       Mashalihul mursalah
33.    Berikut ini yang bukan termasuk contoh produk hukum Mashalihul mursalah adalah ….
a.        membuat penjara
b.       mencetak uang
c.        menarik pajak
d.       surat nikah
e.       surat gadai
34.    Tradisi jual beli yang dilakukan di masyarakat dengan tanpa menggunakan sighat ijab qabul sebagaimana yang terjadi di pasar swalayan, mall, toserba dianggap sah. Hal ini berdasarkan ….
a.        Istihsan
b.       ‘Urf  amaly
c.        ‘Urf qauly
d.       ‘Urf fasid
e.       Syar’u man qablana
35.    Seseorang yang merasa ragu-ragu apakah ia sudah berwudlu atau belum, kemudian ia menetapkan untuk berpegang pada hukum asal yaitu”belum wudlu”. Produk hukum ini  merupakan contoh penerapan ….
a.        Istishab
b.       Istihsan
c.        Mashalihul mursalah
d.       ‘Urf
e.       Syar’u man qablana
36.    Diantara syari’at Nabi Musa as adalah bahwa seseorang yang telah berbuat dosa kalau akan bertobat maka harus membunuh dirinya. Syari’at tersebut tidak berlaku untuk umat Nabi Muhammad saw. Pendekatan hukum yang dipakai adalah ….
a.        Istishab
b.       Istihsan
c.        Mashalihul mursalah
d.       Syaddudz dzari’ah
e.       Syar’u man qablana
37.    Melakukan permainan yang berbau judi walau tidak menggunakan uang tetap dilarang, karena kalau sudah bisa bermain dikhawatirkan terjerumus kepada perjudian yang sebenarnya. Ini merupakan contoh produk hukum …
a.        Syaddudz dzari’ah
b.       Istihsan
c.        Mashalihul mursalah
d.       Istishab
e.        Syar’u man qablana
38.    Pencurahan segala kemampuan untuk mendapatkan hukum syara’ melalui dalil-dalil syara’ adalah pengertian ….
a.        Ijtihad
b.       Istihsan
c.        Istishab
d.       Ittiba
e.       Taqlid
39.    Fungsi ijtihad menurut  jumhur ulama adalah …
a.        Sebagai sumber hukum utama
b.       Untuk mengungkap hukum yang tidak dapat diungkap secara jelas dalam nash
c.        Untuk panduan umat Islam
d.       Sumber hukum pelengkap saja
e.       Sebagai sumber hukum kedua
40.    Seseorang yang memiliki syarat-syarat ijtihad dan memberikan fatwa dalam segala hukum dengan tidak terikat oleh suatu madzhab. Pernyataan tersebut adalah merupakan tingkatan mujtahid ….
a.        muntasih
b.       mutlak
c.        qauli
d.       sukuti
e.       sahabi
II.     Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar !

41.    Secara global ada 2 cara yang dapat ditempuh dalam pengangkatan khalifah, jelaskan !
42.    Sebutkan dua syarat menjadi anggota Ahlul Halli wal ‘Aqdi !
43.    Tuliskan ayat al-Qur’an surat An-Nisa, lengkap dengan syakalnya !
44.    Sebutkan tiga pedoman al-Qur’an dalam menetapkan hukum !
45.    Sebutkan empat syarat menjadi seorang Mujtahid !

KUNCI JAWABAN FIQIH
ULANGAN UMUM SEMESTER GASAL
MADRASAH ALIYAH
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
KELAS  XII/IPA-IPS
I.      Pilihan Ganda
No
Jawaban
 1
B
2
C
 3
D
4
A
5
E
6
A
7
D
8
C
9
 B
10
D
11
C
12
C
13
A
14
D
15
16
B
C
17
E
18
B
19
D
20
A
21
E
22
D
23
E
24
B
25
C
26
A
27
D
28
A
29
E
30
A
31
B
32
C
33
E
34
B
35
A
36
E
37
A
38
A
39
B
40
B

II.        Essay
41.  Dua cara pengangkatan khalifah :
a.  Langsung  :  yaitu setiap umat Islam yang sudah berhak memilih dapat mengajukan pilihannya pada orang yang dikehendaki untuk menjadi khalifah melalui pemilihan umum.
b.  Tidak langsung : yaitu pemilihan oleh  ahlul halli wal  ‘aqdi atau wakil rakyat yang berhak memutuskan segala sesuatu yang berkaitan dengan umat Islam.
42. Syarat menjadi  anggota  Ahlul Hallli wal ‘Aqdi :
1.       Mereka harus terdiri dari ilmuwan
2.       Dipilih oleh rakyat atau memperoleh kepercayaan dari rakyat.
3.       ( diserahkan ke guru )
43.  Bunyi surat  An-Nisa ayat 105 adalah :
!$¯RÎ) !$uZø9tRr& y7øs9Î) |=»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/ zNä3óstGÏ9 tû÷üt/ Ĩ$¨Z9$# !$oÿÏ3 y71ur& ª!$# 4 Ÿwur `ä3s? tûüÏZͬ!$yù=Ïj9 $VJÅÁyz ÇÊÉÎÈ
Artinya :
Sesungguhnya kami Telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang Telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), Karena (membela) orang-orang yang khianat.

44. Tiga pedoman al-Qur’an dalam menetapkan hukum , yaitu :
1. tidak memberatkan atau menykitkan
2. menyedikitkan beban
3. berangsur-angsur dalam menetapkan hukum

45.     Syarat-syarat seorang Mujtahid yaitu :
a.       Mengetahui al-Qur’an dan al-hadits
b.      Mengetahui masalah-masalah Ijma’ dan masalah-masalah yang ditetapkan ijma’
c.       Mengetahui bahasa arab
d.      Mengetahui  ilmu ushul fiqh
e.      Mengetahui nasikh dan mansukh

f.        Mengetahui  kemaslahatan berdasarkan pertimbangan akal sehat.


#mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan